Kidung dan Bahasa Tradisional Kalah Bekend sama Boyband?

Di awal tahun 2012, industri musik Indonesia mendapatkan serangan dahsyat dari musik boyband yang deras arusnya berhulu dari Korea. Perlahan-lahan penyanyi-penyayi solo , duet, maupun band Indonesia terancam eksistensinya dari pergulatan musik Nusantara. Beberapa genre musik Indonesia juga ada yang tergoyahkan eksistensinya dan megubah genrenya menjadi sealiran dengan Boyband/ girlband Korea tersebut. Selain itu, beberapa vokalgrup baru serupa marak bermunculan pula di Indonesia.

Selain berdampak langsung pada genre musik Indonesia, menjamurnya boyband/girlband di Indonesia menghipnotis pemuda-pemudi negeri dan dampaknya jelas terlihat, style pakaian, gaya rambut, misalnya. Apabila sedikit lebih peka  menelaah terhadap perubahan signifikan yang telah terjadi d negeri ini, eksistensi boyband/girlband juga sudah menggeser budaya dan tradisi negeri ini. Kaum muda sudah “ogah” jika disuguhkan musik dan juga bahasa tradisional (misalnya, bahasa Bali, Jawa, dsb), bahkan mereka mulai beberapa generasi muda sudah segan untuk menggetahui dan mempelajari musik dan bahasa ttradisional. Orang bilang, gairah atau nafsu remaja zaman sekarang sudah rendah terhadap budaya dan bahasa tradisional Nusantara. “Nanti dibilang katrok lagi, kalo nggak tau bahasa Korea.” Feedback itulah yang menjadi respon kaum muda apabila ditanyakan pendapatnya mengenai nafsunya mengetahui dan mempelajari bahasa negeri orang.

Sebagai kaum muda, Apa pendapatmu tentang masalah di atas? Apakah hal ini harus terus dibiarkan? Siapakah yang harus bertanggung jawab? dan bagaimanakah cara menluruskan benang kusut anak negeri ini?

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: